strandbeests

By Vinny Vindiani on May 31, 2018

Kini kamu bisa berkenalan dan berjalan bersama “spesies baru” Strandbeests karya Theo Jansen, coming to Singapore this June.

10594236844_e9645bb8c1_k

Dikenal sebagai genius dibalik para Strandbeests, pematung asal Belanda, Theo Jansen menghadirkan para “beasts” untuk pertama kalinya di kawasan Asia Tenggara lewat exhibition Wind Walkers: Theo Jansen’s Strandbeests.

Akan segera digelar pada 23 Juni hingga 30 September 2018 di ArtScience Museum, Singapura, kamu bisa bertemu dan merasakan berjalan bersama Strandbeests secara langsung, sekaligus mempelajari ragam cerita dan proses dibalik penciptaan Strandbeests ini.

10593822043_d840bcb4bc_k

Berawal dengan latar belakang kehidupan dan pendidikan dari Theo Jansen, yang sempat berlatih sebagai fisikawan, untuk kemudian mempelajari dunia seni patung, pria yang telah menjalani kurun waktu 28 tahun terakhir ini untuk mengembangkan mesin bertenaga angin, Strandbeests ini, berhasil mengaburkan garis antara seni, sains, teknik, dan kinerja

Strandbeests sendiri awalnya diciptakannya sebagai solusi untuk menanggulangi ancaman banjir karena kenaikan permukaan laut, dengan mendorong dan menumpuk pasir di pinggir pantai sebagai penghalang alami dari air, dengan bantuan tiupan angin yang mampu menggerakan seluruh tumpuan dari Strandbeests.

10593554494_ddd1d31640_k

Hingga saat ini, Jansen berhasil menciptakan lebih dari 30 Strandbeests yang mampu berjalan layaknya binatang atau manusia hidup, hanya dengan bantuan angin. Bukan hanya unik, bermanfaat dan terlihat ajaib, karyanya ini juga bergerak dengan sangat dinamis yang tentu memiliki daya tarik tersendiri kala melihatnya dengan langsung.

Berencana berkunjung ke Singapura dan penasaran dengan keajaiban dari makhluk-makhluk cantik ini, kamu bisa segera melihat 13 Strandbeests berskala besar yang akan dipamerkan di galeri ArtScience Museum. Dari Strandbeests tercanggih, film, sketsa, prototype, kegiatan interaktif, hingga ‘fosil’ dari Standbeests, you can see them all, and even walk with them around the gallery.