preloved

By Vinny Vindiani on April 26, 2018

While splurging on a new makeup got you broke, buying pre-loved makeup might be a way to deal.

women-love-makeup

Bisa memiliki dan mencoba makeup terbaru, atau makeup legendaris yang sudah jadi andalan para beauty guru tentu menimbulkan kesenangan sendiri. For us girls, makeup is a toy for grown-ups!

Namun dengan semakin menjamurnya brand kosmetik serta ragam koleksi-koleksi terbaru yang menggiurkan untuk dicoba dan dimiliki, budget yang dikeluarkan juga semakin membengkak.

Seiring dengan perilisan yang terus menerus bergulir, tidak jarang juga para beauty lovers akhirnya memutuskan untuk menjual kembali kosmetik yang dirasa tidak seusai dengan keinginannya, untuk menjadi fresh cash yang bisa digunakan kembali untuk membeli produk incaran berikutnya.

Fenomena ini menciptakan cycle of life baru untuk ragam produk kosmetik, dan pre-loved makeup yang kemudian bisa berpindah tangan dan dijadikan koleksi oleh pemilik berikutnya. Hal ini mungkin bisa jadi siasat berhemat sekaligus cara yang lebih murah untuk memiliki produk kecantikan yang kamu inginkan. Sejumlah situs & aplikasi berjualan turut disemarakkan dengan fenomena ini, dari produk pre-loved, hingga share in jar yang kini semakin membanjiri online marketplace timeline.

Tapi bagaimana dengan keamanan, keaslian dan kualitasnya? Berikut ini beberapa pros and cons yang bisa kamu jadikan pertimbangan sebelum memutuskan membeli pre-loved makeup incaranmu.

 

Pros: Less Budget

Membeli pre-loved makeup akan mengurangi jumlah pengeluaranmu dengan cukup signifikan. Terutama dengan harga yang lebih miring dibanding membeli produk baru di store. Tidak jarang penjual yang ingin cepat-cepat “bebersih” makeup stashnya memberikan penawaran harga yang lebih rendah. Dengan budget yang lebih sedikit, kamu bisa memiliki lebih banyak koleksi makeup yang ingin kamu coba, and this might goes to having all you need to put on your face, for a full makeup look.

 

Cons: It’s not super-fresh (obviously)

Sesuai dengan apa yang kamu bayarkan, produk yang kamu dapat tidak benar-benar baru. Kamu akan kehilangan momen membuka segel makeup baru dan jadi orang pertama yang mencobanya. Ada berbagai jenis pre-loved makeup, dari yang hanya pernah dipakai sedikit untuk swatches, hingga yang sudah tersisa sebagian sesuai dengan informasi yang dituliskan oleh penjual, dan ini akan berpengaruh dengan harga jualnya.

 

Pros: Zero Waste

Memikirkan tentang seberapa banyak beauty waste yang terbuang sia-sia karena kepemilikan makeup berlebih hingga tidak bisa digunakan lagi pada tanggal kadaluarsanya? Prinsip zero waste ini bisa jadi alasan untuk kamu yang ingin membeli pre-loved makeup.

 

Cons: Hygiene

Membeli kosmetik yang sudah dipakai berarti mengorbankan kehigienisan yang bisa kamu dapat dari membeli produk baru. Ranah penjualan online juga menghubungkanmu dengan penjual-penjual yang tidak kamu ketahui kebiasaannya saat memakai produk kosmetik, dan resiko inilah yang harus kamu hadapi soal kebersihan dari pre-loved makeup.

 

Pros: Element of Surprise

Tidak jarang para penjual memasukan produk-produk baru yang masih bersegel, hingga produk yang belum ada di pasaran dalam negeri setelah membelinya di perjalanan luar negeri. This is gold! And more reason for you to try buying pre-loved makeup.

 

Cons: Expiry date

Ini hal yang harus kamu perhatikan saat berbelanja kosmetik pre-loved. Banyak penjual yang tidak mencantumkan expiry date dan banyak juga pembeli yang tidak memperhatikan karena sudah tergiur dengan harga yang ditawarkan. Pastikan tanggal kadaluarsa berbanding imbang dengan harga yang harus kamu bayar. Akan lebih baik lagi jika produk yang kamu beli masih jauh dari tanggal kadaluarsa, dan baru saja dibuka/dipakai oleh sang penjual.

 

Pros: Limited Stock

Sering merasa kecewa jika tidak berhasil mendapatkan produk yang dirilis dengan kuantitas terbatas. Pre-loved shopping bisa jadi surga berburu limited product & discontinue gem. Kamu bisa mengisi stok makeup andalanmu yang sudah tidak diproduksi lagi, hingga mencoba dan memiliki produk yang tidak sempat kamu dapatkan saat kehabisan stok terbatas.

 

Cons: Defect & Originality

Tidak hanya dijual dengan harga miring karena sudah dipakai, timeline penjualan pre-loved makeup juga sering diisi dengan produk yang memiliki kerusakan di bagian packaging hingga isinya yang sudah tidak sempurna. Bahkan harga yang lebih murah ini juga kadang menimbulkan keraguan akan ancaman produk tiruan berkualitas miring.

 

Sixty-and-Me-Who-Sells-the-Best-Makeup-for-Mature-Skin_Which-Products-and-Brands-Do-You-Love-740x416

TIPS: How to Deal?

Membeli pre-loved makeup bisa jadi membingungkan dan penuh pertimbangan, seperti yang sudah terlampir di bagian Pros & Cons. Untuk kamu yang masih penasaran mencoba membeli produk-produk kecantikan pre-loved / second-hand, berikut ini tips sederhana yang bisa kamu lakukan sebelum berbelanja.

 

  1. Pastikan keasliannya, jangan takut bertanya hingga meminta struk pembelian produk yang mungkin masih dimiliki penjual.
  2. Google it first. Temukan informasi, contoh kemasan hingga shades yang tertera pada produk di situs/store produk incaranmu. Pastikan seluruhnya sesuai dengan apa yang ditawarkan penjual.
  3. Choose the cleanest one. Membeli lipstick/ lip cream memang tidak disarankan karena penggunaan langsung ke bibir pemilik sebelumnya, namun jika kamu masih ingin mencobanya, pastikan kamu sudah memiliki applicator pribadi atau memotong lipstick pada bagian teratas sebelum kamu gunakan kembali. Even better, jika kamu membeli produk dengan packaging yang lebih higienis, seperti pump, tube atau spray.
  4. Make a good deal. Pikirkan harga yang sesuai dengan produk yang akan kamu beli, seperti total isi produk yang tersisa, tanggal kadaluarsa, tanggal buka packaging, hingga kelengkapan, keutuhan produk & packagingnya.
  5. Trusted seller. Perhatikan review-review yang sebelumnya sudah ada pada akun sang penjual. Penjual dengan follower yang cukup banyak, serta review yang baik akan lebih bisa dipercaya sebagai seller pilihanmu.