LELONO

By Vinny Vindiani on February 5, 2018

Menerjemahkan setiap trauma dalam renungan, observasi dan eksplorasi, Tulisan hadir dengan koleksi bertajuk Lelono.

Screen Shot 2018-02-05 at 3.41.00 PM

Membuka surat No. 03 dari antologi Hindia Timur Baru, sebuah kumpulan karya tulis dan seni ciptaan Melissa Sunjaya, Tulisan menerjemahkan tajuk Lelona yang menuturkan sebuah catatan kelana dalam misi introspeksi diri.

Perkelanaan ini diisi dengan ragam petualangan seni, observasi, dan keberanian dalam membuka diri untuk sisi-sisi baru, dan pengevaluasian diri akan keadaan dan trauma yang mungkin tersembunyi dalam bawah sadar.

FW1718_LB_09-7_previewFW1718_LB_4-9_previewFW1718_LB_6-11_preview

Mengambil kata Lelono yang dalam bahasa Jawa berarti perjalanan, yang ia temukan saat membaca ‘Takdir’ karya Peter Carey, perempuan dibalik Tulisan ini juga mengartikannya sebagai sebagai perkelanaan batin demi memahami suatu hikmah kehidupan yang murni dalam 3 dimensi: akal, raga, dan rasa.

Di koleksi terbaru yang masuk dalam pembuka tahun 2018, koleksi Lelono yang menjadi buah kreasi dari Melissa Sunjaya dan Tulisan Art Division hadir dalam 3 rancangan baru, yaitu ‘Declaration Bag’ dengan desain tas selempang yang ringan dan praktis untuk unisex, ‘Essayist Bag’ dengan desain tas selempang yang terinspirasi dari kegiatan akademisi, serta ‘City Tote’ berdesain klasik dari lini PRINTS di tahun 2010 yang dirancang ulang dalam bentuk yang lebih feminin dan ringan untuk dikenakan.

FW1718_LB_3-23_preview

Banyak diisi dengan palet warna orange, hijau, kuning dan biru dalam komposisi abstrak, kesatuan warna-warni ini dipilih berdasarkan penerjemahan visual Melissa Sunjaya ketika mendengarkan musik Atonal ciptaan Arnold Schoenberg yang mempelopori teknik dua belas nada Serialisme dan menitikkan modernisasi pada komposisi tradisional di masanya.

FW1718_LB_2-9_preview

Seluruh koleksi Lelono dan koleksi Tulisan lainnya juga punya sisi menarik diluar desainnya yang unik dan fungsional, yaitu proses produksi kreatif dari Tulisan Art Division, penggunaan katun kanvas yang diolah tanpa zat pemutih dan klorin, penggunaan tinta ramah lingkungan, lapisan Poly Urethane tahan air, pola produksi yang hemat energi, serta pemberdayaan keterampilan tangan dari negeri sendiri dan produksi koleksi aksesoris rumah di Kampus Diakonia Modern, sebuah sekolah dan panti asuh untuk anak-anak jalanan.

Koleksi Lelono dan ragam koleksi Tulisan lainnya ini sudah bisa didapatkan di Tulisan Boutique Dharmawangsa Square, Colony Kemang, Plaza Senayan dan Beachwalk Shopping Centre, Bali.