lil-miquela-virtual-instagram-fashion-influencer-1

By Nandya Gita on February 7, 2018

You thought you have already seen all types of style influencers on social media, but you ain’t seen nothing like this.

1

Pesatnya perkembangan teknologi sekarang memberikan kemudahan kepada kita untuk bersosialisasi. Kemudahan tersebut salah satunya ditawarkan melalui munculnya banyak media sosial yang dapat digunakan untuk berinteraksi atau sekedar mencari hiburan. Melalui media sosial juga, menjadi terkenal bukanlah hal yang sulit. Salah satunya melalui jejaring sosial Instagram. Banyak oang yang awalnya tak dikenal, kemudian mendapatkan popularitas melalui aplikasi tersebut.

Salah satunya adalah Miquela Sousa atau pemilik akun @LilMiquela. Model Instagram itu memiliki lebih dari 250 ribu penggemar di akun Instagramnya yang disebut “Miquelites”. Dalam setiap postingnya, ia menggungah keterampilannya ber-makeup, gayanya dalam berpakaian, kegiatannya saat menghadiri pesta dan acara-acara berkelas, hingga mempromosikan pakaian.

braindead

A post shared by *~ MIQUELA ~* (@lilmiquela) on

 

Namun sebuah pertanyaan besar muncul ketika melihat halaman akunnya: apakah ia nyata? Mata yang bulat sempurna, dengan bibir tebal yang seksi, dan kulit yang tampak sangat halus, banyak orang bekomentar ia terlihat seperti karakter video game The Sims dibandingkan manusia. Jika benar-benar detail memperhatikan, di beberapa foto LilMiquela terlihat seperti sebuah model computer-generated imagery (CGI), tetapi tak sedikit pula foto yang menunjukkannya terlihat seperti benar-benar hidup. LilMiquela juga melakukan segala hal selayaknya seorang manusia yang menjadi bintang media sosial, seperti hang out bersama teman-teman, berbelanja, hingga memiliki pacar. Ia juga kerap membalas komen dari para penggemarnya dan bahkan memberikan tips makeup.

stuntin ♠️ A post shared by *~ MIQUELA ~* (@lilmiquela) on

 

Menurut Dougie Crosst, seorang managing director di sebuah studio animasi dan visualisasi computer, sepertinya Lil Miquela memang bukan seorang manusia sungguhan, melainkan suatu kombinasi dari model 3D dan seseorang yang nyata. Dia diportert dari seseorang yang nyata dan digabungkan dengan model. Proses ini membutuhkan post-production pada seni dan makeup.

Wyd tonight??

A post shared by *~ MIQUELA ~* (@lilmiquela) on

 

Hingga saat ini “keasliannya” masih menjadi misteri karena belum ada satupun yang mengakui sebagai “pembuat” LilMiquela. Tak sedikit pula yang membuat teori mengenai keberadaan LilMiquela. Banyak yang menyebutkan bahwa LilMiquela hanya sebuah marketing stunt atau sebuah proyek seni.

Siapapun orang dibalik akun @LilMiquela tahu apa yang mereka lakukan. Tidak hanya menjadi populer di kalangan pengguna Instagram, LilMiquela juga mendapatkan kampanye promosi produk (Pat McGrath just named her as her latest muse!), hingga mengeluarkan single pertamanya yang berjudul “Not Mine”.

So, what do you think? Is it weird, creppy, or awesome?