POND 4

By Alfian Putra on December 6, 2017

Kuartet psikedelik Aussie, Pond, menawarkan paket safari ke galaksi bagi warga Jakarta di akhir November kemarin.

POND 15

Malam itu (26/11), The Pallas-SCBD, Jakarta Selatan nampak lebih dramatis dari biasanya. Cahaya remang berpendar di dalam ruangan berkapasitas 500 orang lebih tersebut, dengan raung suara mengawang yang timbul dari Pond -unit psikedelik asal Australia. The Pallas menjadi lebih mirip gereja yang keberadaannya berstatus underground. Magis.

Adalah Sonic Live Asia yang bertanggung jawab memboyong Nick allbrook, Jay Watson, Shiny Joe Ryan, dan Jamie Terry ke wilayah SBCB. Meskipun sempat penampilan kuartet Pond tak mulus, karena rumor perpindahan tempat yang membingungkan. Namun pada akhirnya semua larut ketika “30.000 Megatrons” dari album terbaru mereka The Weather digelontorkan. Raung suara keyboard Jamie, berpadu vocal Nick yang kadang menyerupai robot. Memberikan ambient perjalanan ruang angkasa malam itu.

Disusul dengan “Sweep Me Off My Feet” yang lebih upbeat dari lagu sebelumnya. Kemudian “Elvis’ Flaming Star” dan “Waiting Around for Grace” saling bergantian disuguhkan. Membuat tensi dalam ruangan menjadi dua kali naik lebih tinggi. Orang paling pemalu sekalipun, rasanya akan mengoyangkan badannya pada fase ini. Apalagi mereka yang sedang dibuai ragam substansi yang habis dikonsumsinya. Welcome to another planet, dude! Earth was broken, never mind. Just dance.

Pond memadukan pakem riff yang terdengar Britpop ke dalam kekacauan psikedelia. Pink Floyd gaya baru. Yang siap menjelajah ruang tak berpenghuni dalam lingkar pikir pendengarnya, melalui bantuan musik yang meruang. Menghidupkan kembali fantasi masa kecil tentang berbagai hal diluar bumi: planet bertebaran dan galaksi. Pond mendukung (sekali lagi) untuk memvisualisasikan itu dalam benak pendengarnya.

“Zen Automaton” lebih kontemplatif dengan slow tempo, tepat untuk mengistirahatkan adrenalin sejenak. Namun bagaimanapun fisik berhenti, tapi pikiran, saya kira terus berkelana. Lanjut ke “Sitting Up On Our Crane” yang lebih terdengar harmonis dan segar dari sebelumnya.

Suasana menjadi lebih romantis dengan “Paint Me Silver” yang catchy, dance beat, vocal reverb yang mendominasi, dan pastinya vibe yang hangat.

POND 7

Pond mungkin saja baru pertama kali menggelar aksi panggung di depan pasang mata penduduk Indonesia. Namun hal ini menjadi yang ketiga untuk Jay Watson, yang pernah ke sini bersama band lainnya yakni Tame Impala.

Setelah kurang lebih membawakan 15 belas lagu, dengan trek dari album terbaru The Weather yang dominan. Mereka menyudahi set malam itu dengan sebuah encore “Man It Feels Like Space Again”. Akhirnya sebuah safari ke galaksi berakhir. Menyisakan sisa pengalaman fantasi yang tertanggal dalam benak dan efek-efek substansi yang belum juga hilang. Semua bersuka cita.

O ya, berharap Sonic Live Asia lebih baik lagi ke depannya.