IMG_0774

By Alfian Putra on November 7, 2017

Beberapa pekerja berkutat dengan waktu untuk mempersiapkan segala sesuatu yang nantinya akan terjadi di Gedung Cipta Niaga, Kota Tua Jakarta.

IMG_0769 Photo by artotel group.

 

Bangunan tua yang sudah ada sejak 1910 tersebut tengah bersiap menyambut sebuah pagelaran seni  yang diinisiasi oleh Artotel Project Series (APS).

Bertajuk Artotel Week, mereka mencoba menyajikan sebuah rentetan seni, musik, dan gaya hidup sebagai bentuk perayaan eksistensi lima tahun Artotel Group di industri perhotelan dan kreatif Indonesia.

Didukung penuh oleh Urban Gigs dan Konsorsium Kota Tua, festival tersebut mencoba menjadikan Kota Tua sebagai meeting point bagi insan kreatif muda, melalui berbagai program yang tersaji pertanggal 8 – 11 November 2017. Antara lain:

  • Pameran Seni Kontemporer dari 12 seniman muda Indonesia.

Dengan mengambil tema “Stance of Youth,”pameran ini menghadirkan 12 seniman muda dengan konsep residential artist, membuat pameran ini berbeda dengan pameran lainnya yang pernah diselenggarakan di Jakarta.  Memberikan kebebasan kepada seluruh seniman untuk dapat memamerkan karyanya selayaknya home studio pribadi. Masing-masing menggunakan idiom maupun ekstraksi yang berbeda-beda. Mengelola komposisi visual dengan karakter dan ciri khas didalam ruang pameran. Perpaduan kontras diantara bangunan tua dengan hasi karya yang berwarna juga menjadi salah satu nilai jual dari pamera seni ini.

Para seniman yang terlibat dikurasi dengan kategori seniman muda potensial yang sedang merintis karir dan dibawah usia 35 tahun, terdiri dari Arya Mularama, Atreyu Moniaga, Bernie Barto, Bunga Fatia, Cherry Virginia, Dhado Wacky, Hana Madness, Hari Prast, Mahendra Nazar, Muklay dan Tomodachi Studio. Kurator dari pameran ini adalah Safrie Effendi, Seniman sekaligus Art Manager dari ARTOTEL Group.

IMG_0773 Photo by artotel group.

 

  • Music by Urban Gigs.

ARTOTEL WEEK yang didukung penuh oleh Urban Gigs memberikan juga kesempatan kepada Urban Gigs untuk mengkurasi penampilan musik yang memiliki visi dan misi yang sama dengan ARTOTEL WEEK, yaitu memajukan band-band musik potensial yang baru merintis karirnya untuk lebih dikenal masyarakat luas. Adapun band yang dibawa oleh Urban Gigs adalah Silampukau x The Hydrant, Bitzmika, Wangi Gitaswara, Tokyolite, Witch Motor Inn, Pijar, dan Peonies.

  • Art Market.

Melalui Art Market, ARTOTEL WEEK mengajak pengunjung untuk menikmati produk-produk seni yang dapat dibeli dan dikoleksi secara limited edition pada bazar Art Market. Bazar ini menjual berbagai barang, mulai dari fashion, artworks hingga makanan dan minuman. Beberapa tenant yang bergabung adalah Art of Life (Merchandise resmi ARTOTEL Group), Bobobobo.com, F-Thing, Warung Kopi Batavia, Canvas Living, dan Caramia Sitompul. Selain itu, ARTOTEL WEEK juga menghadirkan bazar garage sale yang dijual oleh lifestyle influencer dari Reggy Alexander dan Regina Raquel.

  • Art Talks & Workshop.

Selain melakukan pameran, 12 seniman muda yang terlibat juga akan melakukan kegiatan interaktif dengan para pengunjung setiap harinya. Mulai dari kegiatan art talks, workshop hingga live painting. Materi-materi yang akan dibawakan pada art talks & workshop antara lain adalah seni grafitti, pattern drawing, seni komik Indonesia, seni mural, fun character hingga mental challenge.

Pagelaran Artotel Week ini diharapkan mampu menjadi trigger bagi dinamika seni di lingkungan koloial tersebut, sehingga ke depannya Kota Tua bisa menjadi meeting point bagi insan kreatif muda di Indonesia. Acara di mulai dari pukul 12.00 WIB sampai 22.00 WIB. Kalian cukup merogoh kocek Rp. 30,000,- untuk menikmati semuanya. Bawa uang lebih, karena tidak ada yang pernah tau dengan apa yang akan terjadi nanti!