IMG_20170305_154130_HDR

By Alexander Kusuma Praja on March 6, 2017

Di weekend kemarin (4-5 Maret 2017), Catalyst Arts telah sukses menggelar pameran dan bazaar art toys lokal pertama di Indonesia dengan nama Urban Toy Stage di Kuningan City, Jakarta Selatan. Dengan misi utama memperkenalkan karya-karya para toy designer lokal ke ranah publik yang lebih luas, agar semakin banyak orang yang mengetahui para penggiat kreatif lokal beserta kualitasnya yang tidak kalah dengan seniman visual dari luar negeri, dalam acara yang dibuka gratis untuk umum ini Catalyst Arts berkolaborasi dengan SOTOY (Self Original TOY) yang merupakan kumpulan anak-anak muda Bandung dengan berbagai profesi berbeda yang berkarya melalui karya 3D dalam bentuk art toys.

IMG_20170305_154235_HDR

Seperti yang diungkapkan oleh Patricia Wulandari yang merupakan Founder Catalyst Arts dan Koordinator Urban Toy Stage, kolaborasi bersama SOTOY diharapkan bisa menyajikan konsep yang lebih segar dan berbeda dari art toys fair lainnya di Jakarta. “Pada umumnya art toys fair di Jakarta banyak juga menampilkan action figure dan toy dengan karakter atau tokoh populer di ranah global, seperti Marvel atau Star Wars. Kami merasa belum ada acara yang benar-benar fokus mengulik karakter art toy lokal yang dikulik oleh seniman lokal. Karena itulah kami berkolaborasi dengan SOTOY dan mengangkat hal ini,” paparnya.

Selain diramaikan oleh SOTOY yang terdiri dari 8 orang anggota, yaitu Addy Debil, Rully Abrhan, Iky Z, Rifky M Isa, Buddy Batako, Joey Paksi, Igi Anjangbiani dan Riandi Sumadinata, Urban Toy Stage juga didukung oleh lineup seniman visual lokal seperti Black Mavis, Karamba Art Movement, David Cornelius Tan, Sculpt Print, Eric Wirjanata, Silvia Tampi, Kong Andri, Mirfak Prabowo dan 25 visual artist lainnya dari berbagai kota. Masing-masing dari mereka tidak hanya memamerkan karakter-karakter art toy lokal buatannya, namun juga berinteraksi langsung dengan para pengunjung maupun calon pembeli karya di Toy Designers Market.

IMG_20170305_154344_HDR

Selain karya-karya dari para visual artist yang dipamerkan, kita juga melihat 48 toy design karya peserta Toy Custom Challenge yang kompetisinya diselenggarakan secara online di Instagram @urbantoystage pada 15 Februari lalu. Selain pameran dan bazaar, Urban Toy Stage juga diisi dengan berbagai kegiatan workshop kreatif seputar dunia urban toys, seperti Mini Skull Jewellery, Character Modelling, How to Perfectly Apply Decal to Your Toys, dan DIY Toys using Kitchen Ingredients. Dari berbagai workshop kreatif tersebut, pengunjung dapat merasakan langsung pengalaman seru dalam membuat karakter mainan sendiri menggunakan berbagai macam medium yang biasa digunakan oleh para toy designer.

Pada hari kedua Urban Toy Stage, juga diadakan launching dari mainan ‘The Lucky Felix’ yang merupakan karakter orisinil kreasi Addy Debil, seorang ilustrator yang juga penggiat urban toys dan merupakan salah satu anggota SOTOY. Di launching ini, Addy berkolaborasi dengan sembilan ilustrator untuk mengilustrasikan karakter ‘The Lucky Felix’ yang merupakan gambaran seseorang yang selalu beruntung dan berpikiran positif. Kesembilan ilustrator tersebut adalah Crack, Fivust, Herzven, Margaret Yap, Mediocrux, Muchlis Fachri, Pahello, Wardhanabilla, dan Wonderyash. Acara Urban Toy Stage di hari kedua juga semakin semarak dengan music performance dari Dua Sejoli yang merupakan vinyl DJ asal Jakarta.

IMG_20170305_154303_HDR

Dua hari mungkin terasa singkat untuk acara seseru ini, namun kami berharap acara ini bisa rutin diadakan dengan venue yang lebih besar dan aktivasi yang semakin beragam untuk selanjutnya.  In the end of the days, who doesn’t love cute and cool toys, right?