IMG_3927

By Alexander Kusuma Praja on February 13, 2017

The Chow: CARNE Smokehouse

Kian hari, kawasan Cipete Raya di Jakarta Selatan, kian dipenuhi oleh berbagai F&B establishment yang menarik untuk disambangi. Salah satu yang terbilang fresh adalah Carne Smokehouse di Jalan Cipete Raya nomor 15C. Mengusung Texas barbeque joint sebagai kiblatnya, Carne yang namanya diambil dari bahasa Spanyol yang berarti “Daging” didirikan oleh empat sekawan Chairil Basri, Edwin Arafah, Medhina Indra Purwadi, dan Agustinus Faryono yang memang mengaku pecinta daging.

Di samping pilihan steaks (sirloin, rib eye, tenderloin, porterhouse, T-bone), ribs, dan burger, yang menjadi menu andalan di Carne adalah daging brisket yang diasapi selama 12-14 jam. Disajikan di atas nampan berpola kotak-kotak, potongan brisket yang sangat empuk ditemani oleh tiga potong roti tawar, saus, pickles, dan bisa ditambah side dish dengan pilihan seperti coleslaw, mashed potato, mac & cheese, fries, corn cob, atau sweet potatoes.

Melewati proses trial & error yang cukup panjang, keempat pendiri Carne mengaku belum pernah mengunjungi Texas dan mencicipi langsung brisket dari Franklin Barbecue yang tersohor. Namun lucunya, menurut pengakuan pelanggan baik orang Indonesia yang pernah ke Texas maupun warga Texas yang sedang tinggal di Jakarta, ternyata rasa brisket mereka menyerupai dan tidak kalah dengan restoran terkenal tersebut. Kuncinya menurut mereka adalah metode pengasapan slow cook and low temperature dengan kayu bakar dari pohon buah seperti rambutan dan lengkeng sehinggar aromanya lebih manis dan lemak yang di-render sedemikian rupa hingga juicy.

Yang seru menu brisket ini lebih enak dimakan langsung dengan menggunakan tangan karena dagingnya yang sangat lunak dan porsi yang bisa di-share. Menciptakan suasana akrab yang didukung oleh vibe restorannya sendiri yang homey dengan elemen kayu dan dinding yang dipenuhi graffiti, poster, dan road sign.

Selain brisket, menu yang harus kamu coba di Carne adalah Carne Cheese Burger yang unik. Jika umumnya burger memakai bun, maka Carne memakai donut Krispy Kreme sebagai pengganti bun untuk menjepit irisan brisket dan cheese. Hasilnya adalah rasa gurih daging yang dipadukan manisnya donut. It might sounds like unlikely pairing, but trust us, IT IS GOOD. Oleh: Alexander Kusuma Praja. Foto oleh: Alfian Putra.

Carne Smokehouse

Jl. Cipete Raya No. 15C, Fatmawati, Jakarta