w&w on stage

By Alexander Kusuma Praja on February 10, 2017

Radar: Kings of Bigroom, W&W!

Salah satu duo DJ ternama yang memiliki karakter kuat dalam memproduksi musik dan selalu menghadirkan efek bigroom sound di setiap remix yang mereka hasilkan, here’s the Kings of Bigroom, W&W! Teks & Foto Oleh: Versace Wang.

Ketenaran musik elektro atau yang dikenal dengan sebutan EDM (Electro Dance Music) telah berhasil menyita perhatian para generasi muda. Genre musik ‘kekinian’ ini pun terbagi menjadi beberapa sub-genre seperti progressive house, Trance, Bigroom, Trap, dan lainnya.

Talking about Bigroom, popularitas sub-genre ini pun meningkat sejak masyarakat mengenal DJ Martin Garrix yang merilis “Animals” di tahun 2013. Lagu tersebut adalah representasi dari sub-genre Bigroom yang cenderung repetitive dengan melodi minimalis dan elemen bass yang memiliki karakter break-down drop yang khas.

W&W, duo DJ asal Negara Kincir Angin yang terdiri dari Van Hanegem dan Van Der Harst mendapat kesempatan untuk memeriahkan rave festival party yang selalu hype di setiap akhir tahun, Djakarta Warehouse Project 2016 lalu.

Seperti biasanya, remix yang dimainkan oleh W&W cenderung berkaitan dengan Bigroom sound and that’s how they created the good vibes for the audience. Bagi kalian yang menyukai suasana hardcore atau hard party, W&W adalah pilihan yang tepat karena mereka sangat merepresentasikan Bigroom.

Pada awalnya W&W terbentuk pada tahun 2007, aliran mereka masih terbentuk dari genre progressive-trance. Namun kesuksesan mereka berkembang pesat ketika “Bigfoot” dirilis di tahun 2014. Beberapa DJ ternama yang memiliki genre sejenis seperti Dimitri Vegas & Like Mike, Blasterjaxx, Ummet Ozcan, dan Hardwell pun sempat melakukan kolaborasi bersama W&W.

Hal itu membuat ketenaran Bigroom memuncak di kalangan remaja. Bagi kedua DJ asal Belanda ini, berkolaborasi adalah hal yang menyenangkan karena di saat itulah mereka bertemu dengan banyak DJ lain yang memiliki genre berbeda namun masih memiliki common interest dalam hal remix dan menyusun melodi. Sehingga tersusunlah perpaduan yang pas dan enak didengar telinga para ravers.

Belakangan ini, terutama di tahun 2016, banyak DJ beralih ke genre trap dan chill step/tropical house. Sebut saja beberapa DJ yang sedang naik daun seperti Marshmellow danThe Chainsmoker yang berhasil mencuri perhatian para pecinta music elektro.

Tidak sedikit DJ yang mulai beralih dan terpengaruh soal genre populer tersebut sehingga mereka tertarik untuk memproduksi musik beraliran tropical house. Sayangnya, beberapa dari mereka pun berhenti memproduksi track bigroom dalam rekaman studio mereka. Namun yang membanggakan, W&W justru selalu mempertahankan bigroom.

W&W-van-hanegem-van-der-harst

Menurut W&W, mereka tidaklah terpengaruh soal genre. Bagi mereka multi-genre adalah hal yang menarik. Hal itu terlihat dari keterampilan W&W dalam me-remix. Pada live performances mereka, W&W selalu mampu menunjukkan kreativitas mereka melalui perpaduan antara lagu-lagu populer yang diubah klimaks nadanya menjadi Bigroom sound. Itulah taktik mereka agar Bigroom tidak punah.

Contohnya ketika W&W secara random me-remix lagu “Pen Pineapple Apple Pen” dan membaurkan melodi itu dengan ledakan Bigroom. Hal itu terbukti berhasil menghibur para audience di salah satu live performance mereka. Bagi beberapa DJ, memberikan Bigroom sound di setiap rave party adalah hal yang penting. Karena di saat itulah audience dapat terpuaskan dengan suasana party dan bersenang-senang dengan teman-teman mereka dalam ledakan elektro yang hardcore.

Bicara soal karakter, W&W adalah DJ yang selalu konsisten dengan ciri khas mereka dan dalam hal remix, mereka tidaklah mengecewakan para pecinta Bigroom sound. Melody drop mereka sangatlah konsisten, tersusun dengan rapi and all about eargasm buat kalian yang sangat menyukai hardcore remix.

Sebagai penutup obrolan saya dengan mereka, W&W mengungkapkan harapan mereka untuk selalu tetap menampilkan karakteristik dan membuat semua orang mampu mengenali setiap lagu dan remix mereka tanpa mematikan ciri khas Bigroom yang mereka usung. Menjadi sesuatu yang berbeda dan dapat menghibur banyak orang dengan maksimal adalah hal yang membanggakan W&W secara personal.