unnamed

By Alexander Kusuma Praja on February 20, 2017

Menyusul kesuksesan kumpulan cerpen berilustrasi Stories for Rainy Days yang telah dicetak empat kali dan tak hanya dijual di Indonesia tapi juga Singapura, Australia, hingga ke Chile, ilustrator dan graphic designer asal Jakarta Naela Ali pun merilis buku kedua yang bertajuk Stories for Rainy Days Volume II yang mengangkat tema serupa dari buku pertamanya (relationship, keluarga, internal struggle, dan kucing) namun dengan cerita dan ilustrasi yang bahkan lebih manis lagi.

 

Diluncurkan pada tanggal 11 Februari 2017 lalu di Senopati 79, a Qubicle Center, Naela melakukan talk show, meet and greet dengan para pembaca, signing session, dan turut dilengkapi oleh penampilan dari Adhitia Sofyan, salah satu penyanyi favorit Naela. Di tempat yang sama, Naela juga mengadakan mini exhibition dari ilustrasi berbasis pensil warna khasnya yang menghiasi 40 cerita pendek dalam buku terbarunya ini. Ia sengaja menampilkan versi mentah dari karyanya yang belum diedit sama sekali untuk menunjukkan jika dalam proses berkarya, kesalahan adalah sesuatu yang wajar dan bukan sesuatu yang harus ditutupi. Each of her illustrations also has its own flaws, but that’s a part of the process.

Ditemui sehabis acara, gadis lulusan DKV Binus yang juga punya brand bernama Asobi ini pun membocorkan pada kami lima hal favoritnya:

  1. Bookstore

Karena selain bisa mencari inspirasi, di sana aku juga merasa nyaman. Feels like home aja. Dan harus banget setiap pergi ke mana mampir ke toko buku, meskipun kadang isinya itu-itu aja. Entah lagi di airport, atau di mana pasti seneng banget kalau ngeliat toko buku.

  1. All things Japanese

I like Japanese movie, I like Japanese literature, and my inspirations are mostly from Japanese culture. Karena memang dari kecil udah sering baca komik Jepang, nonton dorama dan anime, dan dari sana aku sangat tertarik karena menurutku Jepang mempunyai karakter yang sangat kuat. Aku suka Ghibli, aku suka Haruki Murakami, Banana Yoshimoto, dan Ryu Murakami. Aku suka film-filmnya Hirokazu Koreeda dan Makoto Shinkai. Dan makanannya pun juga aku suka hehe.

  1. My room

Karena di kamar aku bisa ngelakuin apa aja, aku bisa gambar, aku bisa nonton, bisa dengerin lagu atau bisa sekadar santai-santai. Mostly I spend my days in my room.

  1. Sweets

I like chocolates, candies, cakes, ice cream, anything sweet. Sambil gambar harus sambil ngemil yang manis-manis, mood booster banget.

  1. Having moment of solitude in a crowded place. 

Kalau lagi stuck di kamar aja, aku pergi keluar. Misalnya di coffee shop yang ramai, aku duduk sendirian, entah nulis atau gambar. Entah kenapa aku merasa lebih mengalir kalau nulis atau gambar di tempat yang ramai, karena mau nggak mau aku fokus sama diri sendiri. Dan rasanya seperti memiliki dunia sendiri.

naela-ali