header

By webdev on November 29, 2016

Sekali lagi, Brad Pitt bermain dalam film yang berlatar belakang tentang perang dunia. Pada film ini dikisahkan bahwa Marion Cotillard yang berperan sebagai Istri Brad Pitt adalah mata-mata Nazi.

Walaupun banyak dikabarkan bahwa film ini adalah versi lain dari MR & MRS. SMITH, namun ternyata tidak. Banyak hal-hal di film ini yang memang diangkat dari kisah nyata pada saat itu, walaupun pada dasarnya tetap saja ini adalah sebuah film fiksi.

'Five Seconds of Silence' on set filming, London, Britain - 31 Mar 2016
Sebagian plot cerita masih berupa fiksi dan ditulis oleh penulis skenario Steven Knight. Steven Knight sendiri sempat menulis untuk HUNDRED FOOT JOURNEY dan BURNT. Namun Knight juga tak menyangkal bahwa ide cerita ALLIED terinspirasi dari percintaan mata-mata pada perang dunia ke-2.

Knight mendapatkan kisah ini ketika dia berusia 21 tahun. “Cerita ini sangatlah ganjil,” ujar Knight dilansir dari bustle.com, “Aku sedang berada di Texas ketika bekerja sebagai seorang pencuci piring dan melakukan berbagai pekerjaan serabutan. Saat itu aku kencan dengan seorang gadis Inggris yang tinggal bersama bibinya di Texas. Dia bercerita bahwa kakaknya yang bekerja di S.O.E (Special Operation Executives) atau agen rahasia Inggris. Lalu dia mengisahkan cerita yang persis dengan film yang kutulis saat ini.” ujarnya.

Michael Ordona dari San Fransisco Chronicle juga menambahkan detil cerita pada Knight. Menurutnya, cerita itu merujuk pada mata-mata Kanada dan seorang guru Perancis yang bergabung pada sekutu lalu jatuh cinta satu sama lain.

Agak susah menentukan mana yang nyata dan mana yang bukan pada film ALLIED. Sejauh yang Knight tahu, cerita yang didengarnya terjadi sekitar 40 tahun yang lalu oleh orang kedua atau ketiga. Jadi kemungkinan cerita yang diangkatnya dalam film ALLIED ini adalah nyata. Meski diangkat dari kisah nyata, film ALLIED tetaplah hasil dari naskah fiksi.