United we stand. Divided we fall.

By webdev on June 27, 2016

Film karya Marvel Studio yang telah ditunggu-tunggu akhirnya tayang perdana hari
ini di Jakarta. “Captain America: Civil War” adalah film ketiga dari franchise Captain America, sekaligus film pertama dari fase ke-3 Marvel Cinematic Universe. Disutradari oleh sutradara pemenang Emmy Award, Anthony & Joe Russo, serta penulis naskah, Christopher Markus & Stephen McFeely, film “Captain America: Civil War”akan tayang perdana di layar bioskop seluruh Indonesia mulai tanggal 27 April 2016.

Kisah Captain America: Civil War berkisar satu tahun setelah kejadian yang diangkat dalam film Avengers: Age of Ultron, dimana sebuah peristiwa internasional yang ditangani Avengers justru mengakibatkan kerusakan parah dan mendorong pihak politisi untuk membentuk sistem pengawasan serta lembaga khusus bagi setiap aksipenyelamatan Avengers.

Campur tangan pemerintah ini kemudian memecah belah Avengers menjadi dua kubu  satu kubu dipimpin oleh Captain America (Steve Rogers) yang berharap Avengers tetap bergerak secara independen dalam membela kemanusiaan, dan kubu lainnya yang dipimpin oleh Iron Man (Tony Stark), yang mendukung keputusan pemerintah dalam memberikan pengawasan. Perpecahan itu terjadi di tengah dunia sedang terancam oleh kehadiran musuh baru.

Setelah mengalami kesuksesan dari box office “Captain America: The Winter Soldier”, Produser Kevin Feige dan timnya bersemangat untuk membawa kembali Russo-bersaudara (Anthony and Joe) untuk kembali menyutradarai film ketiga dari franchise Captain America ini.
Alur cerita yang diangkat dalam film Captain America: Civil War membahas tentang tanggung jawabseseorang atas tindakannya sendiri,

 

600

terutama ketika sebuah aksi penyelamatan justru memakan banyak korban. “Konsep dari Civil War sendiri sangatlah penting. Gagasan dari cerita ini adalah bagaimana para superhero perlu diawasi atau dikendalikan karena kekuatan mereka bisa menjadi ancaman ketika digunakan,” ujar Joe Russo.Sementara saudaranya, Anthony Russo melanjutkan “Ada isu politik dalam cerita Civil War yang mencerminkan keadaan sesungguhnya di dunia nyata, dimana hal tersebut akan memberikan unsur yang sangat dekat dengan para penonton.

Salah satu tujuan kami adalah memaparkan cerita sedemikian rupa hingga kedua belah pihak memiliki kasus yang benar-benar menarik. Baik Tony Stark maupun Steve Rogers, kedua karakter tersebut masing-masing memiliki pandangan yang berbeda tetapi memiliki pemahaman yang dapat dimengerti oleh semua orang. Kami ingin penonton ikut serta dalam konfik dan perpecahan yang ada, dan dimana hal tersebut

akan mendorong ketegangan dan rasa ingin tahu yang tinggi tentang apa yang akan terjadi selanjutnya setelah film ini berakhir.”
Diangkat dari serial komik Marvel yang pertama kali dipublikasikan tahun 1941, Marvel Cinematic Universe
nyatanya tidak selalu mempunyai alur cerita yang sama dengan komiknya. Hal ini dilandasi keinginan Marvel
Studio untuk mengangkat versi film dari Civil War dengan sudut pandang yang berbeda, dimana masing-masing

dari kedua tim – Team Cap atau Team Iron Man – sama-sama sejajar satu sama lain.
Kevin Feige sebagai Presiden dari Marvel Studio menambahkan, “Ini adalah Civil War versi Cinematic
Universe, yang sangat terinspirasi dari “Civil War” versi Comic Universe, dan keduanya akan memiliki perbedaandalam kelanjutan cerita.

Captain America : Civil War kali ini didasarkan pada alur cerita dari film-film lainnya
yang pernah Anda saksikan hingga saat ini, terutama Winter Soldier dan Age of Ultron.”
Film “Captain America: Civil War” karya Marvel akan membawa kembali ke layar lebar, Chris Evans sebagai karakter superhero ikonik, Steve Rogers/Captain America. Ia akan memimpin timnya yang terdiri dari Sebastian Stan sebagai Bucky Barnes/Winter Soldier, Anthony Mackie sebagai Sam Wilson/Falcon, Jeremy Renner sebagai Clint Barton/Hawkeye, Elizabeth Olsen sebagai Wanda Maximoff/Scarlet Witch, dan anggota baru

Paul Rudd
sebagai Scott Lang/Ant-Man.
Sementara itu Robert Downey Jr. sebagai Tony Stark/Iron Man akan bergabung dengan Scarlett Johansson
sebagai Natasha Romanoff/Black Widow, Don Cheadle sebagai Coloner James Rhodes/War Machine, Paul

Bettany sebagai Vision, dan Chadwick Boseman sebagai T’Challa/Black Panther serta memperkenalkan anggotabaru Tom Holland sebagai Peter Parker/Spiderman.
Beberapa artis terbaik juga turut ambil bagian dalam peran pendukung seperti Emily Van Camp sebagai Sharon
Carter/Agent 13, Daniel Brühl sebagai Zemo, dan Martin Freeman sebagai Everett Ross.
“Dari semua aksi besar yang akan terjadi di dalam film ini, pada akhirnya Captain America : Civil War
mengangkat cerita yang sangat manusiawi.” ujar Chris Evans. “Russo bersaudara membuat cerita manusia
dengan sentuhan superhero. Ini adalah cerita nyata tentang konfilk sebuah keluarga, dan hal inilah yang membuat film ini hebat. Tidak ada yang benar ataupun salah, dan tidak ada pihak yang jahat dalam kedua kubu.

Dalam hal ini, hanya ada kubu mengenai pihak mana yang pandangannya lebih kalian setujui.”
Captain America: Civil War akan tayang di seluruh bioskop Indonesia mulai Rabu, 27 April. Gunakan hashtag #CivilWarID #ChooseWisely serta #teamCap atau #teamIronMan untuk menunjukan dukungan kalian.