APA pop up artspace

By webdev on December 4, 2015

Art Department, sebuah kolaborasi antara The Goods Dept • dengan ArtDept_ID hadir sebagai ruang pameran bersifat independen yang akan menjadi sebuah alat untuk memperkenalkan tahap mengoleksi benda seni secara dini, dilengkapi koleksi yang menarik dan tersedia dalam harga terjangkau. Ruangan tersebut akan mewujudkan sebuah galeri yang beroperasi mandiri atau self-serviced, dimana pengunjung dapat menikmati seni yang dipamerkan, menelusuri penjelasan mengenai benda seni tersebut, lalu memilih dan membelinya.

Selain memperkenalkan tahap dini dalam mengoleksi karya seni, Art Department juga mendorong anak muda untuk mengapresiasi karya seni. Berdasarkan ide tersebut, Art Departmenttelah aktif menampilkan program pameran seperti, Xero-Fest berupa photocopy art yang sudah berjalan dua kali menjadi program tahunan, ArtTech yang bekerjasama dengan Samsung dalam merealisasikan kolaborasi antara karya seni dengan teknologi, Wall 4 All dengan Samsung yang telah sukses membawa street art berupa mural ke dalam mall, serta No Other Color dengan Martell.

DSCF4910

Di akhir tahun ini, tepatnya hari Rabu, 25 November 2015, Amalia Wirjono– otak dibalik ArtDept_ID dan sebuah gerakan musik bernama Echoes di bawah naungan Future10yang didirikan Hogi Wirjono dan Anton Wirjono, mengadakan sebuah proyek berupa pop-up space yang menjadi wadah kreatif bagi seniman muda, yaitu A.P.A – Alternative Public Artspace – yang akan bertempat di The Good Space, Plaza Indonesia, Lantai 5 selama 6 bulan ke depan.

Bersamaan dengan hadirnya Prost Beersebagai sponsor utamadaripameranini,A.P.A – Alternative Public Artspace– hadir untuk mengajak seniman muda nan aktif dan visioner untuk bergabung serta menunjukkan bakat mereka melalui program yang berisi karya seni, musik hingga film indie.

Dengan mengusung “Live Life Lightlysebagaibrand attitude, Prost Beer merujuk pada sebuah kehidupan yang tidak didikte oleh pandangan orang lain. Sebuah sikap yang bersikeras dengan pendapat pribadi serta percaya diri, berani mengksplorasinya dan kemudian mengekspresikannya dalam sebuah karya nyata. Kesamaan visi ini yang dilihat oleh Prost Beer pada A.P.Adan Echoes yang diinisiasi oleh Future10.

DSCF4857

Kehadiran Kolektif yang menyediakan film pilihan yang akan diputar di A.P.A, merupakan inisiatif distribusi film alternatif yang memutarkan rangkaian program film di berbagai komunitas di Indonesia yang memutarkan berbagai macam film pendek dan panjang, film dokumenter, fiksi dan animasi dengan komunitas di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Palu, Makassar, Bali, dan lain sebagainya. Kolektif akan memutar secara regular – tiap hari Selasa jam 19.00 minggu pertama dan ketiga setiap bulannya – beragam film, baik film Indonesia maupun internasional, antara lain, film pendek The Fox Exploits The Tigers Might  (Lucky Kuswandi), Sendiri Diana Sendiri (Kamila Andini) dan Kisah Cinta yang Asu (Yosep Anggi Noen). Film lain yang juga diputar seperti, Alvins Harmonious World of Opposite (PlatonTheodoris, Australia), Roskilde (UlrikWivel, Denmark) danbeberapa film dari Prancis, Inggris hingga Indonesia Klasik.