Kyari Pamyu

By webdev on November 22, 2015

Selamat datang ke dunia ajaib milik bintang pop Jepang Kyary Pamyu Pamyu, di mana gaun-gaun penuh renda dan boneka binatang dapat hidup berdampingan dengan monster yang menari dan organ-organ internal yang melayang. Itulah caranya memperkenalkan pesona kawaii dengan sentuhan grotesque ke seluruh dunia dan membuat semua orang yang melihatnya merasa terkejut, tapi juga penasaran. Dan jika kesuksesan globalnya yang makin bersinar bisa menjadi pertanda, dunia tampaknya memang ingin melihat Kyary lebih banyak lagi.
Fotografi oleh Yuji Watanabe. Teks oleh Tami Lai.


Rasanya sulit untuk memahami betul video-video musik yang dibuat oleh Kyary Pamyu Pamyu. Misalnya saja “PonPonPon”, videonya yang paling terkenal sekaligus debut single tahun 2011 lalu: Adegan pembukanya menampilkan sebuah mikrofon keluar dari telinga kiri Kyary, kulitnya semerah tomat; lalu, muncul sosok Kyary lainnya dalam balutan dress warna-warni melompat-lompat di antara tumpukan mainan, sementara sebuah otak melayang di luar jendela di belakangnya, sebelum akhirnya mulai berputarputar dengan cara yang mengerikan namun komikal. Setelah itu, Kyary ditemani oleh beberapa penari tanpa muka dengan siluet yang terlihat maskulin dan mengenakan wig warna platinum yang bergoyang mengikuti irama dalam rok warna pink yang berkibar.


Kesuksesannya di arena musik mainstream sangat terbantu oleh keeksentrikannya sebagai seorang musisi. Orang tak akan mengira jika gadis cantik seperti dirinya berani chorus: “Every day is Pon/Every time is Pon…” Semuanya terasa tidak masuk akal, dan kita belum pernah lihat hal seperti itu sebelumnya. Tapi ketika “PonPonPon” sudah dilihat lebih dari 70 juta kali di YouTube, tampaknya Kyary telah berada di jalan yang benar.

Dan sebagaimana absurdnya video yang ia buat, cukup sekali lihat saja agar lagu itu menempel di otakmu sepanjang hari. Secara kasat mata, mudah dilihat mengapa Kyary begitu memesona. Lahir di Tokyo dan berumur 22 tahun, wajahnya terlihat seperti malaikat mungil dengan mata besar yang innocent. Dia terlihat seperti model, dan memang begitulah ia memulai kariernya, dengan menjadi model di halaman majalah fashion Jepang seperti Kera ketika ia masih SMA, setelah mendapat tawaran berkat sense of style yang ia pamerkan di Harajuku. Hal itu memberinya lebih banyak lagi photoshoot dan public appearance, dan debutnya muncul tak lama setelah ia bertemu dengan produser terkenal Yasutaka Nakata yang kemudian mengajaknya bekerjasama.


Selama tiga tahun sejak debutnya, Kyary telah merilis tiga album, dua di antaranya telah menduduki posisi puncak tangga lagu Jepang, dan banyak single populer. Dia telah meraih rekognisi internasional yang cukup untuk menyelenggarakan dua kali tur dunia, menjadi wajah dari berbagai kampanye iklan, dan tampil di berbagai majalah berkelas internasional, termasuk menjadi cover untuk Dazed di tahun 2012 yang diarahkan langsung oleh Nicola Formichetti. Semua video musik yang ia unggah ke YouTube telah dilihat jutaan kali, sebuah pencapaian di era Internet-born stars saat ini. Kesuksesannya di arena musik mainstream sangat terbantu oleh keeksentrikannya sebagai seorang musisi.

 

Just look this video :