little ribbon

By webdev on June 9, 2015

Menyadari bahwa Instagram sudah menjadi portal baru yang jauh lebih simple dan efektif sebagai portofolio para pekerja seni visual, I can’t help but wonder around my timeline to find this wonderful account called @littleribbon by Cempaka Surakusumah. Menyusuri setiap post dari gadis yang sedang disibukan dengan persiapan produksi stationery product by Pola artistry yang akan diluncurkan tahun depan serta mengalun nada bersama Folkagogo ini seperti bermain-main dalam sebuah galeri imajiner bersama karakter-karakter berwajah serupa namun punya latar cerita, gaya dan warna yang berbeda, serta karya dengan media potongan kertas dan bongkahan kayu berhiaskan gores warna acrylic, oil dan water colour. Have accidentally met her in person (and for me, she’s quite bubbly), here’s a little story behind all the colorful filled work of art with a ribbon on top.

 

 

Asal ketertarikan dengan dunia seni?
Dulu waktu kecil setiap pergi nggak pernah lupa sketchbook & crayon. Inget dulu waktu kecil pertama kali ke candi Borobudur, sampe sana yang pertama dilakuin gambar-gambar di depan candi. Dan dulu sama ayah gambarnya suka dikirim ke tabloid fantasy (old school banget ya?) walaupun gambarnya nggak pernah lolos sih.

Speciality and how do you describe your style?
Speciality aku juga bingung. Basically aku graphic designer, tapi di waktu senggang memang senang ngulik macam-macam. Aku suka sekali geometrical painting, naïve illustration dan bermain dengan papercut dan polymer clay.

Insipiration & stories behind the artwork?
Dari lingkungan sekitar, especially family and friends. Teman sesama pekerja seni selalu menginspirasi, dan biasanya dari kejadian sehari-hari. Kadang susah mengungkapkan sesuatu secara verbal, nggak semua orang peduli dan nggak semua orang bisa paham, alhasil coba nuangin what’s on my mind ke artwork. At least it makes me feel relieve.

Your favorite artist?
Eric Widjaja, Sabrina Febriyani, teman-teman di Thinkingroom Family, Nady Azhry, Zaky Arifin, Diela Maharani, Prasajadi, Carment Rhino, Hendra Stanzah, Bayu Seno, Elfandiary, Rukmunal Hakim, Dika Toolkit, Aedel Fakhrie, Risya, Kemala dan masih banyak lagi. Mereka semua keluarga dan artist-artist favorit saya, yang selalu menginspirasi saya sampai hari ini.

Menurut kamu, seni adalah?
Seni = Story of your life

Bisa diceritakan pengalaman ikut pameran?
Seru! Banyak proses yang dilewati untuk menghasilkan karya yang pantas atau setidaknya layak untuk mengikuti pameran. Dan ketika menjalani proses tersebut, biasanya banyak menemukan hal baru. It’s a fun experience.

Artwork sebagai penyaluran bakat atau juga dijual?
Sejauh ini belum pernah kepikiran untuk menjual, pure untuk menyalurkan keluh kesah saja, bahkan saya sebenarnya lebih senang dibagi-bagiin aja kalau emang ada yang mau atau barter karya.

Menurut kamu, bagaimana antusiasme pekerja dan penggemar seni di Indonesia?
Sudah maju banget, mulai banyak bermunculan talented artist, satu sama lain saling menginspirasi dan semakin banyak superb artwork! Masyarakat pun lebih menghargai karya seni, bisa dilihat dari banyaknya komunitas seni yang bermunculan, art exhibition dan sebagainya.

Future plan?
Plan to be surprised.

Find her in instagram : littleribbon